Kamis, 15 Maret 2012 - 0 komentar

Resume 1 (Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran)

Dari hasil presentasi yang sudah dilakukan,diskusi serta makalah yang saya dan teman-teman buat (kelompok 1) disini saya akan menuliskan resume tentang penentuan harga permintaan dan penawaran .

Arti dari permintaan ?...
Sebenarnya apa sih arti dari permintaan ?? mungkin menurut saya yang sudah saya pahami sewaktu diskusi dalam pembuatan makalah tentang penentuan harga permintaan dan penawaran dan sudah tercantum dalam makalah tersebut, permintaan dalam hal ini memiliki arti yaitu suatu kesanggupan si pembeli untk membeli berbagai barang atau jasa yang memiliki tingkat harga dalam waktu tertentu.
         
Berikut ini bunyi hukum permintaan yang dikemukakan oleh Alfred Marshall :
         
“ jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang akan diminta akan berkurang. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta kan bertambah. “

Sedangkan apa arti dari penawaran itu ? Penawaran adalah keinginan dan kemampuan para penjual atau penyalur dengan tujuan menawarkan berbagai jumlah barang dalam suatu tingkat harga tertentu dan dalam periode tertentu. Dalam konsep penawaran, perbandingan hubungan antara harga dan jumlah barang yang dijual  disebut hukum penawaran. Berikut ini bunyi hukum penawaran yang dikemukakan oleh Alfred Marshall.
          “ jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang.”

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran :

Faktor Permintaan
1. Pendapatan konsumen
2. Harga barang substitusi dan komplementer
3. Selera konsumen
4. Jumlah penduduk
5. Perkiraan harga kedepan

Faktor Penawaran
1. Biaya produksi   
2. Kemampuan perusahaan berproduksi      
3. Harapan perusahaan
4. Ketersediaan sumber produksi  
5. Jumlah barang yang diminta konsumen

 
Dan sebagai pelengkap serta yang sudah di jelaskan oleh dosen bahwa  suatu perusahaan jika ingin mempertahankan permintaan pasar atau justru ingin membuat permintaan terus bertambah maka perusahaan tersebut harus membuat inovasi dan kreasi terbaru serta menarik supaya konsumen tetap memakai barang tersebut tetapi harus juga dengan meningkatkan kualitas barang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar